Hai minna!
Gimana liburannya, sudah siap back to reality ? Sebelum teman-teman kembali beraktifitas, mimin punya info yang seru banget nih tentang mitologi 4 dewa penjaga mata angin. Penasaran ? Yuk kita simak

Legenda atau mitologi dari Jepang menceritakan bahwa dunia dilindungi oleh para dewa yang menjaga gerbang-gerbang langit yang diumpamakan sebagai Naga (Seiryu), Burung Api (Suzaku), Kura-Kura (Genbu), dan Macan Putih (Byakko). Dari setiap wujud dewa tersebut terdapat banyak makna dan cerita bahkan dijadikan sebagai pedoman dalam zodiak dan penentu nasib karena berpatokan dengan rasi bintang.

Sebenarnya keempat dewa ini merupakan dewa dari legenda Cina kuno yang kemudian kepercayaan itu diadopsi oleh para Omnyouji Jepang. Keempat binatang dewa ini memiliki elemen dan lambang sendiri-sendiri, yaitu Api (Suzaku), Air (Seiryu), Bumi (Genbu), dan Angin (Byakko).

1. Suzaku

Suzaku The Goddes of Fire, merupakan binatang dewa berbentuk burung api, mirip dengan kepercayaan Phoenix dari barat. Suzaku memiliki warna bulu oranye kemerahan dimana warna tersebut berhubungan dengan api. Dalam bahasa Cina disebut Zhu Que, dan dalam bahasa Korea disebut Jujak.

Suzaku merupakan binatang dewa yang elegan dan mulia dalam hal penampilan dan perilaku, serta selektif dengan apa yang ia makan dan tempat bertenggernya. Suzaku adalah hewan penjaga mata angin selatan dan mengontrol elemen api. Planet yang berhubungan dengan Suzaku adalah Mars. Suzaku melambangkan kemauan dan merupakan simbol dari kesetiaan.

2. Seiryu

Seiryu dilambangkan dengan naga biru atau Azure Dragon, dalam bahasa Cina disebut Qing Longdan dalam bahasa Korea disebut Chung Ryong. Seiryu menjaga arah mata angin timur dan mengontrol elemen air. Planet yang berhubungan dengan binatang dewa ini adalah Jupiter. Musim yang melambangkan Seiryu adalah musim semi dan warna yang mencirikan dirinya adalah biru dan hijau.

Seiryu melambangkan sifat kemewahan dan kewenangan, bisa juga diartikan sebagai kekuatan yang tak ada tandingannya. Untuk menghormati Seiryu, di kuil Kiyouzumi yang terdapat di Kyoto mengadakan upacara untuk menyembah Seiryu, Naga dari timur.

3. Genbu

Genbu adalah hewan dewa penjaga mata angin utara dan dilambangkan dengan kura-kura hitam yang memiliki ekor ular. Dalam bahasa Cina disebut Xuan Wudan dalam bahasa Korea disebut Hyunmoo.

Genbu mengontrol elemen tanah, mencerminkan musim salju dan planet yang berhubungan dengannya adalah Merkurius. Warna yang melambangkan Genbu adalah hitam. Selain itu Genbu melambangkan stabilitas, hidup panjang, kepintaran dan kesucian.

4. Byakko

Wujud dari binatang dewa yang menjaga mata angin barat ini adalah harimau putih dan berhubungan dengan planet Venus. Di Cina ia disebut Xi Fang Bai Hu dan korea disebut Baekho.

Byakko mengontrol elemen angin dan melambangkan musim gugur, warna putih, dan para tentara yang berperang untuk negaranya. Byakko dikenal kekuatan dan keberaniannya.

Nah itulah info singkat tentang mitologi 4 dewa penjaga mata angin mantab abiskan πŸ˜€

Ngomong-ngomong 4 penjaga itu ada hubungannya dengan NNM XI lohh! Kira-kira apa sihh? penasaran ya?
Yuk pantengin terus info-info menarik lainnya.
Jangan lupa like dan share postingan kami ya γƒΎ(*Β΄βˆ€ο½€*)οΎ‰

#ItsumademoGanbarimasu
#Daily_NNM
#RoadToNNM11
——————————————-

Facebook: facebook.com/nihonnomatsuri
Instagram: @nihonnomatsuri
Line@: @nihonnomatsuri
Twitter: @nihonnomatsuri
Youtube: Nihon no Matsuri

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *