Hai minna!

Gimana tahun baruaannya? Kira-kira masih inget ga sama film animasi garapan makoto shinkai tahun 2016 lalu, kimi no na wa? Masih inget adegan mitsuha dan neneknya bikin gelang ? Nah buat yang belum tau, gelang tersebut dibuat dengan teknik Kumihimo.

Kumihimo adalah teknik tradisional Jepang yang mengepang untaian sutra untuk menciptakan tali yang berwarna rumit. Tali, yang juga disebut kumihimo, kuat tapi ramping, dan memiliki banyak kegunaan. Samurai pernah menggunakan kumihimo sebagai tali untuk baju besi mereka. Sabuk tradisional kimono, obi, pernah diikat oleh tali kumihimo yang disebut obijime. Ini adalah seni yang secara kultural signifikan dan indah. Kumihimo menjadi bagian integral dari pakaian tradisional Jepang.

 

Makna harfiah dari kata kumihimo adalah “bersatu.” Nama itu sesuai dengan jalinannya, yang dengan susah payah dihubungkan oleh pembuatnya. Desain tidak muncul di kumihimo secara kebetulan. Pembuat ahli telah belajar bagaimana menempatkan potongan benang mereka di sekitar alat mereka untuk menciptakan pola yang mereka inginkan. Dengan pengalaman, pembuat kumihimo mengembangkan teknik braiding yang begitu kompleks hingga berbatasan dengan teknik. Mereka menukar warna dan ketebalan di sekitar di tengah membuat kabel tunggal untuk sengaja mengganggu pola yang direncanakan dengan hati-hati.

Kumihimo pertama dibuat seluruhnya dengan tangan. Kabel ini kuat tapi sangat visual sederhana. Untuk memenuhi permintaan komersial yang tinggi untuk kabel unik, teknik Kumihimo berevolusi sampai pada tingkat yang mengharuskan penggunaan tegakan kayu besar yang menyerupai alat tenun yang digunakan untuk menenun kain. Alat ini mempercepat proses pembuatan untaian tebal dan berwarna.

Sekarang, jalinan Kumihimo sederhana dibuat dengan menempelkan benang dengan berbagai warna ke titik yang berbeda di sekitar disk yang dibuat secara khusus untuk membuat kumihimo. Tali kompleks dapat dibuat dengan menggunakan 24 bagian benang yang berbeda. Tidak ada cara yang tepat untuk membuat kumihimo.ย Masing-masing kabel terdiri dari benang dengan berbagai warna dan ketebalan. Beberapa terlihat seperti kepang seragam dan lainnya terlihat seperti rangkaian simpul yang tertata rapi. Beberapa orang telah mengubah hobi kumihimo mereka menjadi perdagangan mode mewah. Mereka membuat tali mereka dari helai sutra dan bahan mahal lainnya.

Nah itulah info penjelasan tentang kumihimo.
Kira-kira kalian berminat untuk mencoba buat dirumah. ๐Ÿ™‚
Jangan lupa lupa like dan share posting kami ya ^^

#ItsumademoGanbarimasu
#Daily_NNM
#RoadToNNM11
——————————————-

 

 

 

 

 

Facebook: facebook.com/nihonnomatsuri
Instagram: @nihonnomatsuri
Line@: @nihonnomatsuri
Twitter: @nihonnomatsuri
Youtube: Nihon no Matsuri

 


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *